LAPORAN.
Gambar diambil dari tugas saya sendiri.
Laporan merupakan bentuk dari suatu fakta mengenai hal terhadap keadaan atau suatu kegiatan.
Fungsi dari laporan , antara lain:
- Ada pertanggungjawaban dari pelapor.
- Menjadi alat untuk melakukan pengawasan.
- Menjadi bahan untuk pengambilan keputusan/kebijakan bagi pimpinan.
- Menjadi dokumen sebagai bahan pembelajaran dan pengalaman bagi orang lain.
Manfaatnya dari laporan, ialah:
- Menjadi dasar sebagai penentu kebijakan.
- Menjadi bahan untuk menyusun rencana kegiatan.
- Mengetahui perkembangan dan proses dari peningkatan kegiatan.
- Sumber informasi.
Macam-macam bentuk laporan, sebagai berikut:
- Laporan berbentuk formulir.
- Laporan berbentuk memorandum (memo).
- Laporan berbentuk naskah, dan
- Laporan berbentuk buku.
Sistematika didalam laporan.
Dalam sistematika laporan harus terdapat:
- Kata pengantar.
- Daftar isi.
- Daftar tabel.
- Daftar gambar.
- Daftar lampiran.
- Bab I (pendahulu)
- latar belakang.
- Tujuan pengamatan.
- Kegunaan pengamatan.
- Bab II (berisi tentang penjabaran sebuah laporan yang akan disampaikan dan dijelaskan secara singkat, jelas, dan padat.)
- Bab III
- A. Kesimpulan.
- B. Saran.
- C. Daftar pustaka(daftar sumber yang diperoleh.)
Teknik menyusun sebuah laporan, sebagai berikut ini:
- Melakukan pengamatan terlebih dahulu.
- Mencatat dan mengumpulkan data dari objek yang diamati.
- Membuat kerangka laporan.
- Mengembangkan kerangka laporan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar.
- Menyunting atau mengedit hasil laporan agar menjadi lebih bagus dan sempurna.
Ini merupakan rangkuman dari materi laporan yang bisa saya kerjakan. Bila ada kesamaan atau kesalahan tulisan saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Komentar
Posting Komentar