RESUME LAPORAN



Pengertian laporan
adalah suatu bentuk penyampaian berita, keterangan, pemberitahuan, ataupun pertanggungjawaban baik secara lisan maupun secara tertulis dari bawahan kepada atasan sesuai dengan hubungan wewenang pemuda pancasila.

Kegunaan laporan adalah:
  1. Menjelaskan tanggung jawab tugas/kegiatan.
  2. Menjelaskan dasar penyusunan.
  3. Sumber informasi.
  4. Merupakan bahan untuk mendokumentasikan.
  5. Sebagai teknik-teknik baru.

Macam-macam laporan adalah:
  1. Laporan kegiatan.
  2. Laporan kunjungan.
  3. Laporan perjalanan/wisata.
  4. Laporan penelitian.
  5. Laporan hasil diskusi.
  6. Laporan keuangan.
Sistematika Laporan:
Jika kita mengacu pada teks laporan, maka terdapat 2 sistematika yang harus di penuhi. Yaitu:
  1. ORIENTASI, yaitu bagian yang menyajikan gambaran sekilas tentang obyek yang akan di bahas.
  2. ASPEK LAPORAN, yaitu bagian yang menyajikan detil atau inti dari laporan itu sendiri. 
Teknik menyusun laporan:
  1. Melakukan pengamatan.
  2. Mencatat atau mengumpulkan data.
  3. Membuat kerangka laporan.
  4. Mengembangkan kerangka laporan.
  5. Menyunting laporan.

Komentar